TOUR KULIAH LAPANGAN: MATA KULIAH ISU GLOBAL DALAM PENDIDIKAN SAINS MAHASISWA MPIPA UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2022

IMG_0651

Field Trip/study atau kuliah lapangan adalah suatu kegiatan kunjungan ke objek tertentu diluar lingkungan kampus yang bertujuan untuk mencapai tujuan intruksional tertentu. Mahasiswa diajak melihat langsung objek yang akan dipelajari, mengembangkan pemikiran dan merangsang kreatifitas karena mahasiswa menyaksikan dan membuktikan sendiri fenomena yang terjadi. Melalui penggalian sumber belajar yang ada di lingkungan, secara tidak langsung dosen telah mendekatkan mahasiswa dengan lingkungan. Kegiatan pembelajaran seperti ini termasuk cara mencerdaskan, mendewasakan dan membebaskan mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran mahasiswa, menambah pengalaman mengajar, menimbulkan rasa peduli dan rasa tanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya. Field Trip adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Pascasarjana Universitas Jambi. Kunjungan ini dilaksanakan pada bulan November 2022. Adapun tujuan kunjungannya yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Pribadi Depok.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran sains dengan menggunakan digitalisasi/ilmu teknologi. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat: (1) Terkumpulnya informasi tentang kesiapan Ketua prodi, Kepala Sekolah, Dosen, Guru, siswa dan mahasiswa dalam menyongsong generasi revolusi industri 4.0 terutama dalam membawa Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Sekolah Pribadi Depok dalam bersaing baik secara nasional dan global. (2) Diperolehnya informasi tentang permasalahan-permasalahan dalam pendidikan dan pembelajaran sains (IPA) dalam mempersiapkan generasi revolusi 4.0 dan target pencapaian untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang sains. (3) Dihasilkannya ide-ide pemecahan masalah dari permasalahan pendidikan secara umum baik dalam menyediakan sarana dan prasana yang lengkap juga mencontoh negara Finlandia sebagai dasar inovasi di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Dengan demikian, adanya kegiatan ini dapat mencerdaskan, mendewasakan dan membebaskan mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran mahasiswa, menambah pengalaman mengajar, menimbulkan rasa peduli dan rasa tanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya dan bisa menggambarkan bagaimana pendidikan sains yang diterapkan oleh kampus atau sekolah yang internasional untuk menghadapi perkembangan pendidikan. Selain itu, dari kegiatan isu global ini mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik atau isu yang sedang dipelajari. Mereka juga dapat melihat isu tersebut dari berbagai sudut pandang dan memahami kompleksitasnya.

Blog Attachment

Leave us a Comment