PRAKTEK LESSON STUDY PEMBELAJARAN IPA MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN IPA KONSENTRASI IPA PASCASARJANA UNIVERSITAS JAMBI DI SMP NEGERI 6 SUNGAI PENUH

Praktek Lesson Study merupakan kegiatan implementasi pengetahuan pembelajaran IPA di dunia kampus program studi Magister Pendidikan IPA Uiversitas Jambi yang menjadi agenda tahunan kosentrasi IPA mata kuliah IPA lanjut 1 dan Pembelajarannya. Tujuan dengan adanya praktek lesson study kesekolah adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa serta mengetahui esensi sebenarnya dilapangan tentang berbagai problem pembelajaran IPA dari aspek siswa maupun pendidik yang menjadi kreator utama pembelajaran. Lesson study adalah sistem penyelidikan kelas dimana beberapa pendidik merencanakan, mengajar, mengamati, merevisi dan mengevaluasi dengan 3 tahapan plan (merencanakan), do (melaksanakan), see (merefleksi) dengan pendekatan kolaboratif dalam pengembangan pembelajaran yang berasal dari Jepang.

Praktek lesson study kosentrasi IPA Universitas Jambi pada Tahun 2023 dilaksanakan oleh dua mahasiswa yakni Ardi Mustakim dan Sri Anika Cahayu bertempat di SMP Negeri 6 Sungai Penuh, tepatnya berlokasi di Jln. Depati Parbo Desa Kumun Mudik Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh dipimpin oleh kepala sekolah Yafri Juned, S.Pd., M.Pd. Kegiatan tersebut disambut hangat dan positif oleh kepala sekolah beserta guru-guru di sekolah. Hal tersebut dikarenakan merupakan sebuah pengalaman baru bagi sekolah berkolaborasi dengan mahasiswa untuk meningkatkan esensi mutu pembelajaran IPA di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. Beliau berharap ke depannya masih ada lagi kegiatan-kegiatan positif yang membangun sehingga menghasilkan out put yang bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun guru-guru di sekolah. Acara pembukaan praktek lesson study diadakan secara daring lewat zoom metting yang langsung dibuka dan dihadiri mahasiswa, kepala sekolah, guru observer dan dosen pengampu mata kuliah IPA lanjut 1 dan pembelajarannya yaitu Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S. dan Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I., CIT.

Lesson Study menyediakan ruang bagi pendidik secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk merefleksikan keefektifan pembelajaran serta saling belajar dengan prinsip kesejawatan. Mahasiswa membentuk sebuah tim yang terdiri dari beberapa guru IPA di SMP Negeri 6 Sungai Penuh sebagai guru observer yakni Amperianadi, S.Pd dan Revny Nataliya, S.Si, dan fotografer yakni Fakhruddin, S.Sos dan Leni Hestuti, S.Kom. Tim ini akan bekerja sama untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Langkah pertama dalam lesson study adalah merencanakan pembelajaran yang akan dilakukan. Mahasiswa dapat berdiskusi dengan guru-guru IPA untuk menentukan tujuan pembelajaran, konten apa yang akan diajarkan, model dan metode yang akan digunakan. Kegiatan berikutnya adalah implementasi dikelas tentang apa yang telah direncanakan dengan dua orang guru model dari mahasiswa, dua guru IPA sebagai observer dan dua guru sebagai fotografer dan videografer sebagai dokumentasi kegiatan ini. Guru observer berperan sebagai pengamatan pembelajaran yang mencatat proses pembelajaran, interaksi antara guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami oleh siswa. Observasi ini dapat membantu dalam melihat aspek-aspek mana yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran.

Setelah pembelajaran selesai, tim dapat melakukan refleksi bersama. Diskusi dapat dilakukan untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukan, apa yang berhasil, dan apa yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran berikutnya. Mahasiswa juga dapat memberikan masukan dan saran kepada guru-guru untuk mengembangkan strategi pengajaran mereka. Proses lesson study tidak berhenti di sini. Mahasiswa dapat terus melibatkan diri dalam siklus perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi untuk meningkatkan pembelajaran IPA di SMPN 6 Sungai Penuh dengan melibatkan guru-guru IPA dan mahasiswa Magister Ilmu Pengetahuan Alam sehingga praktek lesson study yang telah dilakukan ini dapat menciptakan budaya kolaboratif dalam pengembangan pembelajaran yang berkelanjutan dan berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa. Adanya pendekatan lesson study ini, mahasiswa dapat menggabungkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam studi mereka dengan pengalaman praktis dalam konteks nyata. Mahasiswa juga dapat membantu guru-guru IPA dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 6 Sungai Penuh dan mengembangkan komunitas pembelajaran yang berkelanjutan.

Blog Attachment

Leave us a Comment