Magister Pendidikan IPA Berkolaborasi Bersama UPT Perpustakaan Universitas Jambi Mengadakan Workshop: Pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) dalam Literasi Perpustakaan Digital dan Isu Pendidikan Global
- Posted by Wita Ardina Putri
- Posted in Berita, Headline
Pada tanggal 9 Agustus 2024, UPT Perpustakaan Universitas Jambi mengadakan workshop dengan tema “Pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) dalam Literasi Perpustakaan Digital dan Isu Pendidikan Global” di Mini Teater Perpustakaan Universitas Jambi. Acara ini dipimpin oleh Kepala Perpustakaan, Drs. Saharudin, M.Ed., M.App.Sc, Ph.D., dan dihadiri oleh mahasiswa serta dosen Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi
Pada era digital ini, teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian integral dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam literasi perpustakaan digital dan pendidikan global. AI menawarkan berbagai solusi inovatif yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan di seluruh dunia.
Dalam konteks perpustakaan digital, AI dapat digunakan untuk mengelola dan mengorganisir koleksi digital dengan lebih efisien. Teknologi ini memungkinkan pencarian informasi yang lebih cepat dan akurat, serta dapat mempersonalisasi rekomendasi buku atau artikel berdasarkan preferensi pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah menemukan sumber daya yang relevan dan bermanfaat untuk kebutuhan mereka.
Selain itu, AI juga berperan penting dalam meningkatkan literasi digital. Dengan bantuan AI, perpustakaan dapat menyediakan berbagai alat pembelajaran interaktif yang dapat membantu pengguna memahami dan menguasai teknologi digital. Misalnya, chatbot berbasis AI dapat memberikan panduan dan bantuan secara real-time kepada pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengakses atau menggunakan sumber daya digital.
Di sisi lain, AI juga memiliki potensi besar dalam mengatasi isu-isu pendidikan global. Salah satu tantangan utama dalam pendidikan adalah kesenjangan akses terhadap sumber daya pendidikan berkualitas, terutama di negara-negara berkembang. AI dapat membantu menjembatani kesenjangan ini dengan menyediakan platform pembelajaran online yang dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja. Selain itu, AI dapat digunakan untuk menganalisis data pendidikan dan memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kebijakan dan praktik pendidikan.
Dengan demikian, pemanfaatan AI dalam literasi perpustakaan digital dan pendidikan global tidak hanya meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Harapannya, dengan terus berkembangnya teknologi AI, kita dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.